Breaking News

Tes Buta Warna Pada Pendaftaran Pramugari Tahap Medical Examination

Tes Buta Warna menjadi salah satu tahapan tes pada saat calon pramugari mengikuti medical examination. Pramugari ialah salah satu bidang pekerjaan di dunia penerbangan yang bertugas untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan. Profesi ini tentunya sangat bergengsi sehingga banyak kaula muda yang sangat mengidamkan profesi yang satu ini.
Tes Buta Warna Pada Pendaftaran Pramugari Tahap Medical Examination
Tes Buta Warna Pada Pendaftaran Pramugari Tahap Medical Examination


Saat ini ditengah merebaknya virus corona di berbagai negara tentu berdampak terhadap beberapa sektor industri termasuk industri penerbangan. Karena masyarakat dihimbau untuk meminimalisir bepergian ke luar kota atau ke luar negeri bahkan diminta untuk sementara berdiam diri di rumah masing-masing demi memutus penularan virus corona ini.


Namun seiring hilangnya virus tersebut tentunya perekonomian akan berangsur membaik. Apalagi industri penerbangan yang memang cukup penting sebagai sarana transportasi yang paling efektif di era modern seperti ini tentu akan lekas pulih dan akan kembali mengalami peningkatan seperti sedia kala. Artinya peluang untuk bekerja di penerbangan akan senantiasa terbuka lebar apalagi untuk profesi pramugari yang memang memiliki peranan yang cukup penting dalam kelancaran proses penerbangan.

Definisi dan Tugas Pramugari Maskapai Penerbangan

Pramugari maskapai penerbangan ialah seseorang yang bekerja sebagai kru kabin di suatu maskapai penerbangan. Di mana tanggung jawab utamanya adalah untuk memastikan keselamatan penumpang, ketika berada di pesawat dan melayani kebutuhan penumpang selama penerbangan. Untuk menjalankan tugas tersebut, pramugari diharuskan bekerja sama dengan kru pesawat lainnya agar proses penerbangan berjalan dengan lancar.

Pramugari maskapai penerbangan merupakan seseorang yang memiliki kemampuan khusus dalam menjalankan tugas-tugasnya selama penerbangan. Oleh sebab itu, bukan hal yang mudah bagi seseorang untuk bisa diterima sebagai pramugari di suatu maskapai penerbangan. Karena sejatinya tidak hanya dibutuhkan penampilan menarik dan bentuk tubuh proporsional, namun juga kemampuan dalam menghadapi berbagai kondisi saat penerbangan.

Namun dengan resiko kerjanya yang tinggi, maskapai penerbangan juga selalu berusaha memberikan penghargaan yang layak salah satunya memberikan gaji pramugari yang besar agar sepadan dengan kinerja mereka.

Mengacu dari definisi pramugari di atas dapat disimpulkan bahwa tugas utama seorang pramugari adalah untuk memastikan penumpang merasa nyaman dan aman selama penerbangan. Namun, pada hakikatnya tugas seorang pramugari tidaklah semudah dan sedangkal itu. Memberikan layanan bantuan seperti mengantarkan makanan, menyimpan barang di kabin, atau membantu memasang sabuk pengaman juga menjadi tugas umum.

Selain itu pramugari juga memiliki tugas khusus sebagai penjaga penumpang. Tugas ini khususnya berlaku jika situasi darurat terjadi. Oleh sebab itu, seorang pramugari harus dibekali kemampuan khusus di mana mereka harus bisa menangani berbagai situasi dalam keadaan apapun. Seperti situasi tak menyenangkan dengan penumpang, pramugari harus bisa menanganinya dengan baik.

Apabila terdapat penumpang yang sakit, pramugari juga diwajibkan memberi pertolongan pertama. Ketika keadaan cuaca tengah buruk, sudah menjadi tugas pramugari untuk bersikap tenang dan memberi arahan kepada penumpang agar tetap aman. Sehingga salah besar bila masyarakat hanya menganggap tugas pramugari sebatas menawarkan makanan kepada penumpang saja.

Pentingnya Kesehatan Bagi Seorang Pramugari

Untuk dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab diatas, tentunya seorang pramugari harus memiliki kondisi kesehatan yang baik. Seperti tidak memiliki riwayat penyakit kronis yang sewaktu-waktu bisa kambuh. Tidak mudah alergi khususnya dengan perubahan cuaca yang ekstrim karena tugas pramugari juga berpindah-pindah dari 1 kota ke kota lain. Pramugari harus memiliki kulita yang sehat karena kulit yag sehat tentu akan lebih terlihat menarik dan cantik.

Kemudian selain itu, pramugari tentunya juga harus memiliki gigi dan mata yang sehat. Gigi tidak boleh berlubang karena  gigi yang berlubang akan memicu timbulnya nyeri pada saat tekanan udara berubah. Maka dari itu calon pramugari yang memiliki gigi berlubang diwajibkan untuk menambal giginya terlebih dahulu. Kemudian untuk masalah mata, tentunya selain tidak boleh minus dengan toleransi yang sudah menjadi ketentuan di masing-masing maskapai.

Seperti di Garuda Indonesia yang memberikan toleransi minus hingga 3. Tetapi ada juga maskapai yang sama sekali tidak menerima pramugari bermata minus. Selain tidak boleh bermata minus, pramugari juga tidak boleh mengidap buta warna. Karena tentu akan sangat fatal bila terdapat pramugari yang mengidap buta warna ini.

Tes Buta Warna Pada Pendaftaran Pramugari

Pentingnya mendapatkan pramugari yang tidak mengidap buta warna membuat tes buta warna juga ikut diberikan pada saat tahap medical examination. Buta warna sendiri merupakan suatu kondisi dimana kualitas penglihatan terhadap warna berkurang. Seseorang yang menderita penyakit ini akan sulit membedakan warna tertentu (buta warna parsial) atau bahkan seluruh warna (buta warna total).

Buta warna merupakan penyakit seumur hidup. Namun, penderita dapat melatih diri beradaptasi dengan kondisi ini, sehingga aktivitas sehari-hari tetap berjalan normal. Dokter akan menentukan metode penanganan yang tepat dan sesuai dengan tipe buta warna yang diderita.

Jika kondisi tersebut dialami oleh pramugari, tentunya akan sangat berbahaya. Bukan hanya pramugari tetapi pilot, staff penerbangan, avsec, atau petugas penerbangan lain juga harus terbebas dari buta warna. Mengingat tugas dan tanggung jawab pramugari begitu beresiko.

Contoh Soal Tes Buta Warna Pramugari Maskapai Penerbangan

Tes buta warna akan dihadapi oleh setiap calon pramugari untuk memastikan bahwa dirinya memang terbebas dari buta warna. Berikut ini adalah contoh soal tes buta warna untuk pramugar... LANJUTKAN BACA





Informasi Pendaftaran Sekolah Pramugari Terbaik

Pramugari bukanlah sebuah profesi yang mudah untuk diraih. Namun bila kamu mau berjuang, tentu perjuanganmu tidak akan mengkhianati hasil. Mari bergabung bersama FAAST Penerbangan Yogyakarta untuk mengembangkan potensimu di dunia penerbangan dan kepramugarian. Dan tentunya untuk terus berjuang mewujudkan cita-citamu menjadi pramugari di maskapai penerbangan.
Tes Buta Warna Pada Pendaftaran Pramugari Tahap Medical Examination
Tes Buta Warna Pada Pendaftaran Pramugari Tahap Medical Examination


Saat ini telah dibuka pendaftaran dan penerimaan siswa-i baru kelas Juni dan November 2020. Pendaftaran sudah dapat diikuti oleh pendaftar yang masih duduk di kelas 12 SMA/K sederajat. Tidak harus datang ke kampus, karena proses pendaftaran dan seleksi juga dapat diikuti secara online. Berikut ini langkah mengikuti pendaftaran secara online nya:
  • Isi formulir pendaftaran melalui website ini
  • Lakukan pembayaran biaya pendaftaran ke BRI atasnama FAAST Penerbangan
  • Upload berkas pendaftaran beserta bukti pembayaran biaya pendaftaran
  • Mengikuti tes tertulis melalui online yang akan diarahkan oleh panitia pendaftaran Kak JENI: 0822-2500-7272
  • Tes wawancara melalui telepon
  • Mendapatkan surat hasil seleksi
  • Segera lakukan pembayaran biaya daftar ulang apabila telah dinyatakan lolos tes

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan terkait "Tes Buta Warna Pada Pendaftaran Pramugari Tahap Medical Examination". Bila dirasa bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya melalui tautan sharing. Untuk informasi selengkapnya terkait Pendaftaran FAAST Penerbangan Sekolah Pramugari Terbaik Indonesia dapat langsung WA: 0822-2500-7272. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar