Breaking News

Batas Jumlah Minus Menjadi Pramugari Garuda Lion Air Asia

Batas Jumlah Minus Menjadi Pramugari kira-kira sampai berapa? Sebetulnya, sebagian besar maskapai penerbangan tidak memperbolehkan pramugarinya memiliki mata minus. Karena dengan adanya minus pada mata tentunya penglihatan sang pramugari menjadi kurang maksimal dan akan  mengganggu kinerjanya pada saat bertugas.

Batas Jumlah Minus Menjadi Pramugari Garuda Lion Air Asia
Batas Jumlah Minus Menjadi Pramugari Garuda Lion Air Asia



Persyaratan Menjadi Pramugari Garuda Indonesia

Meski sebagian besar maskapai penerbangan tidak mau menerima calon pramugari yang bermata minus untuk bergabung dengan perusahaan penerbangannya, namun rupanya terdapat salah satu maskapai terbesar di Indonesia yang masih memberikan kesempatan bagi calon pramugari yang bermata minus namun sangat berbakat dan berkualitas.


Yaitu maskapai Garuda Indonesia atau yang juga dikenal sebagai maskapai plat merah miliki Indonesia. Dilansir dari laman bursakerjadepnaker.com, Garuda Indonesia memiliki persyaratan yang berbeda dalam merekrut pramugari.


Adapun persyaratan tersebut meliputi:
  1. Wanita
  2. Warga Negara Indonesia
  3. Belum pernah menikah
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 27 tahun atau 33 tahun (bagi yang sudah berpengalaman sebagai pramugari)
  6. Berlatar belakang pendidikan minimal SMA/SMK/D3/sederajat
  7. Memiliki tinggi badan 158 cm hingga 172 cm
  8. Memiliki berat badan ideal dan postur tubuh proporsional
  9. Tidak berkacamata dan tidak buta warna
  10. Diperkenankan menggunakan kontak lensa dengan ambang batas: maksimal minus -3.00 dan slindris C-100
  11. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya secara lisan dan tulisan

Jadi, masih terbuka kesempatan bagi para pendaftar yang bermata minus. Dengan Batas Jumlah Minus Menjadi Pramugari Garuda Indonesia minus -3.00.

Alasan Pramugari Tidak Boleh Bermata Minus

Batas Jumlah Minus Menjadi Pramugari. Seperti yang telah disampaikan diawal bahwa sebagian besar maskapai penerbangan tidak menerima calon pramugari yang memiliki mata minus. Dan rupanya hal tersebut bukan tanpa alasan yang kuat. Terdapat serangkaian alasan kuat yang kemudian mendasari sebagian besar maskapai penerbangan untuk tidak menerima calon pramugari yang memiliki masalah dengan kondisi matanya. Baik minus maupun silinder.


Alasan tersebut antara lain:
  • Awak kabin bertanggung jawab penuh atas semua substansi di dalam kabin terutama makanan, minuman maupun obat-obatan yang bisa saja terjadi kekeliruan bila pramugari memiliki mata minus. 
  • Awak kabin juga bertanggung jawab penuh terhadap pertolongan pertama pada kecelakaan pada saat berada di udara dimana belum tentu ada petugas medis yang ikut menjadi penumpang salam penerbangan tersebut.
  • Awak kabin bertanggung jawab penuh untuk mengevakuasi penumpang dengan sigap dan cepat pada saat terjadi kondisi darurat selama penerbangan.

Dengan adanya masalah yang terjadi dengan penglihatan pramugari tentu akan menghambat proses evakuasi dalam kondisi darurat apalagi jika alat bantu penglihatannya tiba-tiba tidak berfungsi dengan baik. Lagipula pihak maskapai juga menilai bahwa penggunaan kacamata atau softlense dalam jangka waktu yang lama justru akan memperburuk kondisi mata sang pramugari.


Kesimpulan Batas Jumlah Minus Menjadi Pramugari

Berdasarkan uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Batas Jumlah Minus Menjadi Pramugari sampai berapanya tergantung dari kebijakan masing-masing maskapai penerbangan. Namun sejauh ini diketahui bahwa batas maksimum minus adalah -3.00 seperti batas minus yang telah ditetapkan oleh maskapai Garuda Indonesia.


Bagi Anda yang memiliki minus lebih dari 3 sebaiknya segera melakukan pengobatan agar minusnya bisa berkurang atau bahkan hilang. Karena sekali lagi saya sampaikan kesempatan untuk menjadi pramugari bagi yang memiliki mata minus sangat terbatas. Karena tidak semua maskapai penerbangan bersedia memberikan kelonggaran seperti yang dilakukan oleh Garuda Indonesia. 


Awali Perjuanganmu Menjadi Pramugari Darisini! 

Bagi Anda yang memiliki mata normal (tidak minus) tentunya bisa bernafas lega karena kesempatan Anda menjadi pramugari tentunya lebih besar dibandingkan mereka yang memiliki mata minus. Namun perlu Anda sadari bahwasanya dengan Anda tidak minus bukan berarti karir pramugari akan otomatis Anda dapatkan. Karena masih banyak kualifikasi lain yang tentunya tetap harus Anda penuhi agar bisa menjadi calon pramugari yang dicari maskapai penerbangan. 


Selain tentunya harus memiliki kesehatan yang baik, memiliki tinggi dan berat badan yang proporsional tentunya juga harus Anda penuhi. Selain itu tak lupa juga Anda harus menguasai banyak keahlian dan ketrampilan yang menunjang untuk menjadi pramugari di maskapai penerbangan. 



Seperti kemampuan dalam berkomunikasi, kemampuan dalam menguasai Bahasa Inggris, kemampuan dalam bernegoisasi terhadap penumpang sebagai upaya untuk menegakkan aturan keselamatan penerbangan, kemampuan dalam menngunakan peralatan keselamatan penerbangan, dll. 


Maka dari itu, saya selaku panitia pendaftaran sebuah sekolah pramugari terbaik di Indonesia akan mengajak Anda untuk bergabung dengan FAAST Penerbangan guna mengembangkan potensi Anda dibidang kepramugarian. 


FAAST Penerbangan yang saat ini berlokasi di Yogyakarta tengah membuka pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru untuk periode pendidikan 2019/2020. Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung, segera lakukan konsultasi pendaftaran dengan panitia pendaftaran FAAST Penerbangan melalui kotak di bawah ini:

Kak Jeni WA 0822 2500 7272
IG https://www.instagram.com/daftarpramugari/ 
Fanspage DUNIA PENERBANGAN


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait Batas Jumlah Minus Menjadi Pramugari dan semoga dapat menambah wawasan bagi Anda terkait kepramugarian. 
Baca juga: 
Tes Bahasa Inggris Pramugari

Tidak ada komentar