Breaking News

9 Kesalahan Saat Tes Interview Pramugari Lion Air Asia

Tes Interview Pramugari merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh setiap calon pramugari. Selain tes penampilan, tes bahasa Inggris dan psikotes, tes pantukhir juga tes kesehatan. Karena menjadi pramugari memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Maka dari itu setiap calon pramugari harus melewati beberapa tahapan yang sangat panjang dan detail.

9 Kesalahan Saat Tes Interview Pramugari Lion Air Asia
9 Kesalahan Saat Tes Interview Pramugari Lion Air Asia


Karena tiap maskapai penerbangan tentunya ingin mendapatkan kandidat terbaik yang bisa memberikan kontribusi berharga bagi perusahaan penerbangannya. Terlebih lagi saat ini persaingan antar maskapai dalam memperoleh konsumen juga semakin ketat yang tentunya membuat antar maskapai juga berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik agar penumpang yang sudah pernah terbang menggunakan jasanya bisa loyal dan berlangganan.

Tahapan Tes Bagi Calon Pramugari 

 Seperti yang telah disinggung pada paragraf awal tadi, bahwa untuk menjadi pramugari itu tidak cukup dengan menyiapkan berkas lamaran kemudian menunggu panggilan untuk langsung training di maskapai. Namun, setiap pelamar masih harus melalui serangkaian tes seleksi yang cukup detail.


Apa saja rangkaian tes nya tersebut? Anda bisa menyimaknya di bawah ini:

Performance test
Tahap ini merupakan tahap untuk menilai penampilan dari pendaftar secara menyeluruh. Mulai dari postur tubuh seperti tinggi badan dan berat badan, cara berjalan, kondisi kulit, cara berbicara, dll. Karena dalam karir pelayanan pelanggan, penampilan menarik tentunya sangat diutamakan.


Psikotes dan Bahasa Inggris
Psikotes dan bahasa inggris biasanya akan dilaksanakan pada hari yang sama. Maka dari itu pastikan Anda sudah sarapan dan dalam kondisi tubuh yang benar-benar fit mengingat kemungkinan waktu yang diperlukan untuk tes tahap ini akan cukup lama.

Seorang pramugari memang dituntut untuk menguasai bahasa Inggris karena dalam penerbangan pastinya pramugari akan bertemu dengan banyak orang yang berasal dari berbagai daerah bahkan berasal dari luar negeri.


Tes Interview 
Pada maskapai tertentu seperti Garuda Indonesia Tes Interview Pramugari ini masih dibagi menjadi 2 tahap yaitu interview user dan interview kompetensi. Namun di lain maskapai mayoritas langsung menggabungkan kedua tahap tersebut. 


Saat tes interview user biasanya akan ditanyakan perihal pertanyaan yang berkaitan dengan dunia penerbangan termasuk ingin melihat sejauh mana kandidat mengenal maskapai yang tengah ia lamar. Sedangkan untuk tes interview kompetensi akan diberikan pertanyaan terkait pengenalan diri atau ingin mengetahui bagaimana kepribadian dari tiap-tiap pelamar. 


Medical Examination 
Yaitu tes kesehatan yang akan dilakukan di rumah sakit yang telah bekerjasama dengan maskapai. Dalam tahap ini semua kondisi kesehatan akan di periksa. Mulai dari mata, pendengaran, jantung, paru-paru, kulit, gigi, urine, dll.

Tes ASKAM
ASKAM merupakan singkatan dari Aspek Keamanan. Dalam tahap ini pelamar yang lolos sampai tahap tes kesehatan akan melalui background check dimana penguji akan memberikan pertanyaan seputaran Pancasila, UUD '45, dan semua pertanyaan-pertanyaan tentang NKRI. Tahap ini biasanya hanya terdapat pada tes pramugari Garuda Indonesia saja. 

Tes Pantukhir   

Pantukhir atau pantauan akhir merupakan tes yang akan mempertemukan kandidat dengan direksi dari maskapai secara langsung. Biasanya kandidat juga sudah diizinkan untuk mengenakan seragam pramugari namun dilarang keras untuk foto menggunakan seragam tersebut. Karena masing-masing kandidat masih ada kemungkinan untuk gagal.

Hal Yg Harus Dihindari Saat Tes Interview
Interview merupakan salah satu cara untuk menilai kemampuan seseorang dalam beberapa hal. Tak terkecuali jika Anda ingin menjadi seorang pramugari di maskapai penerbangan tentu salah satu tes yang harus Anda lalui ialah Tes Interview Pramugari.


Tahap interview menjadi salah satu tahap yang dianggap paling sulit oleh beberapa kandidat. Karena faktanya memang tahap ini seringkali menyebabkan banyak kandidat yang gugur.


Setelah ditelusuri rupanya kegagalan tersebut diakibatkan oleh beberapa kesalahan sepele yang dilakukan oleh para kandidat ketika menjalani tahap interview. Maka dari itu bagi Anda yang belum pernah punya pengalaman dalam mengikuti tes interview di maskapai penerbangan jangan pernah meremehkan tahap ini. Karena kesalahan sekecil apapun bisa menyebabkan Anda gugur dalam tahap ini.


9 Kesalahan Saat Tes Interview Pramugari
Dan inilah 9 kesalahan yang seringkali tidak disadari oleh calon pramugari dan menyebabkan mereka gagal dalam tahap Tes Interview Pramugari:

Penampilan Yg Terlalu Menor
Penampilan menarik memang salah satu hal yang dituntut oleh perusahaan jika Anda bekerja di bagian pelayanan pelanggan. Termasuk menjadi pramugari. Namun bukan berarti Anda harus tampil bersama dandanan yang mencolok ya 😅 Karena pewawancara justru lebih menyukai kandidat yang tampil rapi dengan make up namun tanpa menor. Tanpa berpakaian ketat/ sexy. Mengingat maskapai akan lebih menyukai kandidat yang bisa tetap terlihat menarik dengan dandanan yang lebih natural.


Terlalu Pasif 
Sikap terlalu pasif tentunya sangat tidak disukai oleh pewawancara. Karena tentunya mereka mencari kandidat yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga dapat memberikan kenyamanan terhadap lawan bicara. Namun over aktif juga tidak diajurkan ya Guys. Yang wajar-wajar saja dan tetap jaga sopan santun selama mengikuti tahap ini. 


Kurang Konsentrasi
Sikap grogi yang berlebihan seringkali membuat kandidat yang mengikuti tahap interview menjadi kehilangan konsentrasi. Hal ini jika tidak segera Anda atasi tentunya akan menyebabkan masalah serius seperti salah menjawab, salah tingkah dan lain-lain.

Over PD 
Bekerja melayani banyak orang tentu nya memerlukan kepercayaan diri yang baik. Namun sesuatu yang berlebihan tentunya kurang baik termasuk ketika Anda menunjukkan sikap over PD ini didepan pewawancara. Karena sikap yang terlalu percaya diri dinilai kurang menunjukkan sikap menghargai terhadap lawan bicara. 

Menunjukkan Bahasa Tubuh Yg Kurang Baik 
Selain bobot dari jawaban yang Anda berikan, rupanya bahasa tubuh yang Anda tunjukkan selama proses interview juga tidak luput dari penilaian. Maka dari itu Anda harus mengurangi bahkan menghindari menunjukkan bahasa tubuh yang tidak perlu ketika Anda berhadapan dengan pewawancara. Bahasa tubuh yang dimaksud ini seperti halnya: terlalu sering menggaruk, menarik-narik rambut, memainkan pulpen, menarik-narik baju, dll. Karena pewawancara mengkhawatirkan kebiasaan tersebut akan terbawa pada saat Anda bekerja nanti.


Memberikan Jawaban Yg Terkesan Menghina 
Tanpa disadari terkadang calon pramugari memberikan jawaban yang terkesan menghina. Baik itu menghina perusahaan yang tengah dilamar, perusahaan lama yang ia tinggalkan ataupun menghina orang lain. Jika Anda tak ingin gagal dalam tahap ini hindari memberikan jawaban berupa kalimat yang terkesan menghina. Karena pewawancara bisa langsung mendiskualifikasi Anda jika hal ini Anda lakukan.


Tidak Konsisten dalam Memberikan Jawaban 
Ketidakkonsistenan Anda dalam memberikan jawaban pada saat interview akan membuat pewawancara berfikir bahwa Anda bukan orang yang loyal atau bahkan berpikir bahwa Anda orang yang sedang memberikan jawaban yang tidak jujur.  Maka dari itu berikan jawaban yang konsisten dalam setiap pertanyaan yang ada kaitannya dengan pertanyaan lain.

Egois 
Seseorang yang memiliki sikap egois tinggi tentu sangat tidak cocok untuk bekerja sebagai seorang pramugari. Karena selama bertugas, pramugari harus bersedia untuk mementingkan kenyamanan dan keselamatan penumpang dibanding dirinya sendiri. Maka dari itu sifat egois ini harus Anda buang jauh-jauh.

Tidak Memiliki Wawasan Kepramugarian 
Hal utama yang harus Anda kuasai agar diterima menjadi pramugari tentunya adalah hal-hal yang berhubungan dengan pramugari. Seperti tahu apa itu pengertian pramugari, bagaimana tugas dan tanggung jawabnya, bagaimana resiko pekerjaannya, dll.


Wawasan ini terbilang sangat dibutuhkan khususnya saat Anda sampai pada tahap interview. Karena biasanya pertanyaan yang berhubungan dengan kepramugarian akan ditanyakan dalam tahap ini. Jika Anda kesulitan untuk mencari materi yang berhubungan dengan kepramugarian ini Anda masih bisa belajar di sekolah pramugari yang tentunya akan dibimbing oleh para pakar yang sudah menguasai ilmu kepramugarian


Info Pendaftaran Sekolah Pramugari

PSPP Penerbangan merupakan sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan yang telah berdiri sejak 1 maret 2010 dan sudah tercatat resmi oleh badan terkait serta terakreditasi A. Hingga saat ini PSPP Penerbangan telah memiliki 4 kampus yang berada di 4 kota besar di Indonesia yaitu di kota Lampung, Jakarta, Yogyakarta, dan Makassar.


9 Kesalahan Saat Tes Interview Pramugari Lion Air Asia
9 Kesalahan Saat Tes Interview Pramugari Lion Air Asia
PSPP Penerbangan ini menawarkan 3 jurusan dimana ketiganya memiliki prospek kerja yang sangat bagus karena sama-sama merupakan pekerjaan yang memiliki peranan penting dalam kelancaran proses penerbangan. Jurusan tersebut antara lain:

  • Staff Penerbangan
  • Pramugari 
  • AVSEC
Cara bergabung dengan sekolah ini pun cukup mudah, dan dapat Anda tempuh melalui online. KLIK DISINI untuk cara pendaftarannya.


Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh terkait info pendaftaran di Sekolah Pramugari No 1 di Indonesia ini silakan langsung menghubungi panitia pendaftaran PSPP All Cabang melalui kontak di bawah ini:

Kak Diyan 
WA/LINE 0822 2500 7272 
Formulir Pendaftaran KLIK DISINI 
IG daftarpramugari 
Fanspage fb.me/PSPPSekolahPramugari1


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait 9 Kesalahan Saat Tes Interview Pramugari Lion Aie Asia semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan artikel ini melalui tautan sharing.

Baca juga:
1. Resiko Gabung PSPP
2. Biaya Sekolah Pramugari

Tidak ada komentar