Breaking News

Mengapa Tidak Buta Warna Menjadi Syarat Mutlak Pendaftaran di Akademi Pramugari ?



Mengapa Tidak Buta Warna Menjadi Syarat Mutlak Pendaftaran di Akademi Pramugari ? – Buta warna adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya kerusakan ataupun kelainan terhadap sel kerucut yang terdapat di dalam retina sehingga mata tidak mampu menangkap spektrum warna tertentu dari cahaya yang dipantulkan. Pada umumnya , penyakit buta warna ini diturunkan dari orang tua kepada anaknya semenjak dilahirkan. Namun ada pula yang mengalami penyakit ini karena faktor umur , penyakit atau kecelakaan yang pernah dialami sebelumnya.

Mengapa Tidak Buta Warna Menjadi Syarat Mutlak Pendaftaran di Akademi Pramugari?
Penderita buta warna akan cenderung mengalami kesulitan ketika melihat warna merah , hijau , biru , maupun campuran dari warna – warna ini .

GEJALA BUTA WARNA

Sebelum mengulas lebih dalam tentang Mengapa Tidak Buta Warna Menjadi Syarat Mutlak Pendaftaran di Akademi Pramugari ada baiknya jika Anda menyimak beberapa informasi tentang buta warna ini . Yang tentunya akan memperkaya pengetahuan Anda tentang salah satu jenis penyakit yang paling dihindari oleh perusahaan – perusahaan besar. 

Tahu kah Guys bahwa sebagian orang ternyata tidak menyadari bahwa mereka mengalami buta warna lho .. Makannya tidak heran jika untuk masuk di Akademi Pramugari semua siswa harus menjalani tes buta warna ini . Mengenai gejala dari buta warna ini diantaranya adalah seperti : hanya bisa melihat beberapa gradasi warna , tidak dapat membedakan antara warna hijau dan merah namun dapat melihat warna biru dan kuning dengan mudah , dan lain – lain .

PENYEBAB BUTA WARNA

Setelah Anda tahu mengenai gejala dari buta warna , kini saatnya Anda juga mengetahui tentang penyebab dialaminya buta warna oleh seseorang . Seperti yang telah admin singgung sebelumnya bahwa penyakit buta warna ini pada umumnya dialami oleh seseorang karena faktor genetik. Namun bisa juga penyakit ini dialami oleh seseorang bukan karena faktor keturunan. Dan berikut adalah beberapa penyebabnya :
  • Faktor Keturunan
Kebanyakan penderita buta warna yang mengalaminya sejak lahir disebabkan oleh faktor genetik yang berikatan dengan kromosom X. Seorang ayah penderita buta warna tidak akan memiliki anak yang menderita buta warna kecuali pasangannya memiliki gen buta warna juga. Hal tersebut terjadi karena wanita lebih berperan dalam menjadi pembawa gen (carrier) yang akan mewarisi buta warna kepada sang anak. Penderita buta warna akibat faktor genetik ini juga jauh lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita, walau terkadang kondisi ini dapat melewati satu generasi. Anak perempuan akan dipastikan mengidap buta warna jika kedua orang tua adalah pembawa gen buta warna.
  • Penyakit
Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan buta warna. Diantaranya adalah Parkinson, penyakit Alzheimer, glaukoma, kanker darah (leukemia), diabetes, pecandu minuman beralkohol kronis, degenerasi makula, dan anemia sel sabit.
  • Usia
Kemampuan seseorang dalam membedakan warna perlahan-lahan akan berkurang seiring pertambahan usia. Hal ini merupakan kejadian yang alami dalam proses penuaan dan tidak perlu dicemaskan secara berlebihan.
  • Bahan kimia
Apabila seseorang terpapar bahan kimia beracun, lambat laun orang tersebut juga dapat mengalami buta warna. Misalnya seseorang tersebut bekerja di suatu perusahaan yang menggunakan karbon disulfida dan pupuk.
  • Efek samping pengobatan tertentu
Selain beberapa penyebab diatas , ternyata ada juga pengobatan yang dapat menyebabkan buta warna lho.. Pengobatan tersebut adalah seperti digoxin, phenytoin, klorokuin, dan sildenafil. Namun jika gangguan tersebut disebabkan oleh pengobatan, biasanya pandangan akan kembali normal setelah berhenti mengonsumsi obat tersebut.

Setelah membaca beberapa uraian diatas , admin akan memberikan beberapa alasan tentang Mengapa Tidak Buta Warna Menjadi Syarat Mutlak Pendaftaran di Akademi Pramugari .
Mengapa Tidak Buta Warna Menjadi Syarat Mutlak Pendaftaran di Akademi Pramugari ?
 Baca juga : Sisi Lain dari Tanggung Jawab Pramugari
Pramugari adalah karyawan maskapai penerbangan yang ditugaskan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan. Oleh sebab itu , pramugari harus benar – benar siap secara kesehatan baik jasmani maupun rohani untuk menjaga keselamatan para penumpang . Saat kondisi darurat , dan mengharuskan sang pramugari untuk memencet tombol berwarna merah sang pramugari harus dengan sigap melakukannya . Hal ini tentunya akan menjadi hal yang sulit ketika pramugari tersebut menderita buta warna dan tidak dapat membedakan warna – warna pada tombol . Tentu akibat yang akan ditimbulkan akan sangat fatal . Tidak hanya keselamatan penumpang yang akan terancam tetapi juga keselamatan seluruh awak pesawat yang berada di dalam penerbangan tersebut .

Baca juga : Perlunya Memperhatikan Safety Demonstration Saat Naik Pesawat
Mengapa Tidak Buta Warna Menjadi Syarat Mutlak Pendaftaran di Akademi Pramugari?
Itulah alasan Mengapa Tidak Buta Warna Menjadi Syarat Mutlak Pendaftaran di Akademi Pramugari . Akademi Pramugari terbaik yang familiar dengan nama PSPP Penerbangan akan mendidik para calon Staff Penerbangan maupun pramugari menjadi generasi muda yang siap kerja . Sehingga untuk dapat masuk ke Akademi Pramugari ini juga harus memenuhi persyaratan – persyaratan yang diperlukan untuk menjadi pramugari baru kemudian akan diajarkan seputar kepramugarian agar menjadi calon  pramugari yang siap kerja dan siap menghadapi persaingan secara profesional . 

Baca juga : Cara Bergabung di Akademi Pramugari
Mengapa Tidak Buta Warna Menjadi Syarat Mutlak Pendaftaran di Akademi Pramugari ?
Semoga informasi diatas dapat berguna bagi Anda ya Guys . Jika Anda memiliki ketertarikan untuk bergabung dengan Akademi Pramugari PSPP Penerbangan ini silakan langsung menghubungi Kak Diyan selaku panitia penerimaan peserta didik baru melalui WhatsApp 0822-2500-7272 / BBM 26D5777F . Terimakasih .

Tidak ada komentar