Breaking News

Perlunya Memperhatikan Safety Demonstration yang Diperagakan Awak Kabin di Pesawat Terbang

P erlunya Memperhatikan Safety Demonstration yang Diperagakan Awak Kabin di Pesawat Terbang
Guys , kapan terakhir Anda bepergian dengan menggunakan moda transportasi udara ? Apa yang Anda lakukan ketika pramugari sedang memperagakan demo keselamatan ( safety demonstration ) ? Apakah Anda memperhatikan demo tersebut ? Atau justru Anda malah sibuk sendiri dengan urusan Anda ?

Bagi sebagian penumpang pesawat terbang yang sudah sering bepergian menggunakan jasa transportasi udara , mungkin merasa malas untuk menyimak demo keselamatan penerbangan yang diperagakan oleh pramugari. Karena mereka merasa bahwa semua informasi prosedur keselamatan penumpang telah mereka ketahui bahkan sudah menjadi hafalan bagi mereka.

Namun, sebagai penumpang yang bijak , sebaiknya Anda tetap memperhatikan pramugari meskipun sebenarnya Anda sudah hafal dengan apa yang sedang diperagakan oleh pramugari. Hal tersbeut sangat lah penting demi keselamatan Anda pribadi ketika nantinya terjadi hal – hal yang tidak diinginkan selama dalam penerbangan.

Alasannya adalah bisa saja pesawat yang sedang Anda naiki saat ini berbeda tipe dengan pesawat terbang yang biasanya Anda naiki. Sehingga letak perlengkapan keselamatan penerbangan atau cara penggunaannya juga berbeda. Sehingga Anda perlu memperhatikan apa yang diperagakan oleh pramugari dengan seksama.

Keselamatan adalah hal yang penting. Sehingga, setiap terbang awak kabin akan selalu menjelaskan tentang cara menyelamatkan diri. Semua itu dilakukan agar para penumpang pesawat dapat selamat walau pesawat mengalami gangguan.
Banyaknya warga masyarakat khususnya di wilayah Indonesia ini yang saat ini memilih menggunakan jasa transportasi udara dibanding dengan alat transportasi laut maupun darat , dipicu dengan padatnya aktivitas masyarakat baik untuk keperluan bisnis , dagang , wisata maupun pendidikan yang memelukan sarana transportasi yang bisa cepat sampai ke tujuan , efisien , nyaman , serta tidak menghabiskan banyak waktu tempuh.

Bila dibandingkan dengan sarana transportasi lain seperti halnya kapal laut , bus , mobil , kereta api atau sepeda motor , bepergian menggunakan pesawat terbang memang jauh lebih menguntungkan baik dari segi waktu ataupun biaya . Perjalanan yang seharusnya ditempuh dalam 2 hari 2 malam ketika Anda menggunakan bus saat menuju Pekanbaru dari kota Jakarta , tentu sangat berbeda waktunya yang hanya cukup dalam waktu 1,5 jam apabila Anda menggunakan pesawat terbang .

Transportasi udara memang benar – benar mengubah jarak tempuh menjadi lebih dekat dan seolah tanpa batas. Bahkan jika pada zaman dahulu untuk jamaah dari Indonesia yang ingin pergi haji ke Mekkah di Saudi Arabia memerlukan waktu yang kurang lebih selama 3 bulan untuk perjalanan menggunakan kapal laut , kini dengan adanya sarana transportasi udara Anda hanya memerlukan waktu tempuh selama 17 jam saja dari bandara Jakarta ke Jeddah.

Pada artikel admin kali ini yang admin  beri judul “ Perlunya Memperhatikan Safety Demonstration yang Diperagakan Oleh Awak Kabin di Pesawat Terbang “ , admin akan memberikan beberapa contoh alat – alat keselamatan penumpang yang cara pemakaiannya di peragakan oleh awak kabin di pesawat terbang.
1.     Sabuk Pengaman atau Safety Belt
Alat keselamatan yang satu ini akan melindungi tubuh  penumpang apabila terjadi goncangan di pesawat terbang. Sabuk pengaman terdiri dari dua jenis yaitu khusus untuk anak-anak dan dewasa. Para penumpang pesawat terbang maupun para awak kabin harus menggunakan sabuk pengaman ketika lampu yang digunakan sebagai penanda penggunaan sabuk pengaman menyala. Dan Anda juga  harus memastikan bisa memasang dan melepaskan sabuk pengaman dengan cepat. Karena jika terjadi hal darurat kamu Anda tidak akan merasa panik karena kesulitan dalam membuka maupun  memasang sabuk pengaman tersebut.
2.     Masker Oksigen atau Oxygen Mask
Pesawat terbang memiliki sistem canggih yang akan mengatur tekanan udara di dalamnya sehingga tidak lebih dari batas yang telah ditentukan. Setiap maskapai penerbangan akan menyediakan masker oksigen yangi akan otomatis keluar apabila tekanan udara di dalam pesawat melebihi batas yang telah ditentukan.
Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan menarik masker oksigen tersebut  dan langsung memakainya dengan cepat.
3.     Baju Pelampung Atau Life Vest
Perhatikan petunjuk cara penggunakan alat keselamatan yang 1 ini. Dan pastikan bahwa baju pelampung tersebut benar-benar tersedia. Jika pesawat terbang terendam di dalam air, lampu penanda akan secara otomatis menyala. Dan artinya  penumpang harus menyiapkan baju pelampung yang telah disediakan. Yang perlu dicermati dalam pemakaian alat keselamatan penumpang yang satu ini adalah  jangan mengembungkan baju pelampung di dalam kabin pesawat karena akan menyulitkan saat evakuasi. Kembungkan pelampung tersebut jika Anda telah mendekati pintu darurat.
4.     Kartu Keselamatan atau Safety Information Card
Kartu ini merupakan tutorial keselamatan penerbangan. Dengan kartu keselamatan tersebut , penumpang akan lebih mudah dalam memahami demo keselamatan yang diperagakan oleh awak kabin. Kartu keselamatan ini biasanya diletakkan di kantung kursi di hadapan Anda.
5.     Pintu Evakuasi dan Rakit Keselamatan
Saat safety demonstration, awak kabin akan menjelaskan kepada penumpang arah pintu darurat dan letak rakit keselamatan. Dan penumpang pun akan diarahkan jalur evakuasinya. Yang perlu penumpang lakukan adalah menghitung berapa jarak pasti antara kursi dengan pintu darurat karena biasanya ketika pesawat dalam kondisi darurat , suasananya juga akan gelap . Apabila pesawat terbang mengeluarkan asap, yang harus penumpang lakukan menunduk di lantai pesawat dan mengikuti lampu yang ada di lantai untuk menuju pintu darurat.

Demikian informasi mengenai Perlunya Memperhatikan Safety Demonstration yang Diperagakan Awak Kabin di Pesawat Terbang semoga bermanfaat bagi Anda.


Ikuti kegiatan tata cara menanggulangi kondisi darurat saat penerbangan dengan bergabung menjadi peserta didik kelas Pramugari di PSPP Penerbangan. Informasi pendaftarannya dapat menghubungi panitia PSPP Penerbangan Kak Diyan 0822 -2500 -7272 atau BBM 25D5777F . Terimakasih.

Tidak ada komentar