Breaking News

Demo Praktek Menggunakan Perlengkapan Keselamatan Di Dalam Pesawat Terbang ( Safety Demonstration ) oleh Awak Kabin ( Pramugari )



Demo Praktek Menggunakan Perlengkapan Keselamatan Di Dalam Pesawat Terbang ( Safety Demonstration ) oleh Awak Kabin ( Pramugari )
 Keselamatan merupakan salah satu hal yang sangat diprioritaskan dalam sebuah penerbangan. Sehingga dalam setiap penerbangan sebelum pesawat benar-benar meninggalkan landasan ( take off ) , awak kabin ( pramugari )  akan menjelaskan dan mendemostrasikan tentang informasi keselamatan penerbangan kepada para penumpang pesawat terbang tersebut.
Bahkan di beberapa negara demo keselamatan penerbangan ( safety demonstration ) tersebut diperagakan dengan sekreatif mungkin agar para penumpang tertarik untuk memperhatikan awak kabin ( pramugari ) yang mendemonstrasikan tentang tata cara penggunaan alat – alat keselamatan penerbangan. Karena jika tidak diakali dengan membuat sekreatif mungkin, para penumpang kebanyakan tidak mau memperhatikan . Bahkan mereka malah sibuk dengan urusan masing – masing tanpa menghiraukan arahan awak kabin ( pramugari ) . Informasi mengenai demo keselamatan penerbangan ( safety demonstration ) tersebut diantaranya adalah :

Sabuk Keselamatan atau Safety Belt

Sabuk keselamatan (safety belt) merupakan salah satu alat keamanan yang sangat penting ketika naik kendaraan baik darat maupun udara. Seperti halnya ketika kita naik pesawat terbang, penggunaan sabuk keselamatan ( safety belt ) dalam waktu – waktu tertentu juga sangat penting. Demi keselamatan penumpang itu sendiri.  Sabuk keselamatan akan melindungi tubuh Anda apabila terjadi goncangan saat penerbangan. Sabuk keselamatan ini sendiri terdiri atas dua jenis yaitu sabuk keselamatan ( safety belt ) yang khusus untuk anak-anak dan sabuk keselamatan ( safety belt ) untuk penumpang dewasa. Para penumpang diwajibkan untuk memakai sabuk keselamatan ketika lampu yang digunakan sebagai penanda penggunaan sabuk keselamatan menyala. Penumpang juga harus memastikan bahwa ia dapat memasang dan melepaskan sabuk keselamatan tersebut dengan cepat. Sehingga apabila terjadi hal darurat  penumpang tersebut tidak akan mengalami kepanikan dikarenakan kesulitan dalam melepas ataupun memasang sabuk keselamatan tersebut.

Masker Oksigen atau Oxygen Mask

Tekanan udara di dalam kabin pesawat terbang memang berbeda dengan tekanan udara pada ruangan pada umumnnya. Pesawat memiliki suatu sistem yang akan mengatur tekanan udara di dalamnya sehingga tidak lebih dari batas yang telah ditentukan oleh sistem tersebut. Setiap maskapai akan menyediakan masker oksigen ( oxygen mask ) di dalam armada pesawat terbangnya. Masker oksigen (oxygen mask ) tersebut akan otomatis keluar dari tempat penyimpanannya apabila tekanan udara di dalam pesawat terbang tersebut melebihi batas yang telah ditentukan. Apabila hal tersebut terjadi, penumpang harus menarik masker oksigen ( oxygen mask ) tersebut  dan langsung menggunakannya. Dalam pemasangan juga harus secepat mungkin, setidaknya tidak lebih dari 15 detik karena tekanan udara yang melebihi batas dapat membuat Anda kehabisan oksigen dan akhirnya pingsan.
Apabila penumpang disebelah Anda kesulitan dalam menggunakannya , semisal orang tua atau anak kecil sebelum Anda membantu memasangkan masker oksigen ( oxygen mask ) tersebut yang harus Anda ingat yaitu pastikan Anda sudah memasang masker oksigen ( oxygen mask ) Anda terlebih dahulu dan bernafas di dalamnya, barulah Anda bisa membantu orang lain.

Baju Pelampung Atau Life Vest

Baju pelampung ( life vest ) biasanya diletakkan di bawah kursi atau tempat duduk penumpang. Awak kabin ( pramugari ) akan menjelaskan tentang bagaimana cara menggunakan baju pelampung ( life vest ) tersebut . Namun yang terpenting adalah penumpang harus benar-benar mengecek apakah baju pelampung ( life vest ) tersebut  benar-benar ada di bawah kursi Anda atau belum.
 Baju pelampung ( life vest ) idealnya terdiri dari dua ukuran yang dikhususkan untuk penumpang anak-anak atau bayi dan baju pelampung ( life vest ) untuk penumpang dewasa. Apabila pesawat terbang terendam di dalam air, lampu secara otomatis akan menyala dan  Anda harus menyiapkan baju pelampung ( life vest ) yang telah disediakan untuk Anda pakai. Tetapi usahakan untuk tidak mengembungkan baju pelampung ( life vest ) jika Anda masih berada di dalam kabin pesawat karena hal tersebut justru akan menyulitkan Anda saat evakuasi. Kembungkan baju pelampung ( life vest ) tersebut ketika Anda telah mendekati pintu darurat.

Kartu Keselamatan atau Safety Information Card
Kartu keselamatan ( safety information card ) ini adalah bentuk tutorial keselamatan penerbangan. Dengan kartu keselamatan ( safety information card ) tersebut Anda akan lebih mudah dalam memahami demo keselamatan yang diperagakan oleh awak kabin ( pramugari ) dan tentunya akan mengingatkan Anda dengan demo yang telah diperagakan oleh awak kabin ( pramugari ) . Kartu keselamatan ( safety information card ) ini biasanya diletakkan di kantung kursi di hadapan Anda.

Jalur/ Pintu Evakuasi dan Rakit Keselamatan

Setiap pesawat terbang dibuat dengan dilengkapi pintu darurat serta rakit keselamatan. Awak kabin ( pramugari ) akan menjelaskan kepada penumpang arah pintu darurat dan letak rakit keselamatan tersebut. Penumpang akan diarahkan tentang bagaimana jalur evakuasinya. Yang harus Anda lakukan yaitu menghitung berapa jarak pasti antara kursi Anda dengan pintu darurat. Hitunglah berapa bangku yang semestinya harus Anda lewati karena dalam keadaan darurat bisa jadi suasana akan gelap.

Apabila pesawat terbang mengeluarkan asap, yang harus perlu Anda lakukan adalah menunduk di lantai pesawat dan mengikuti lampu yang ada di lantai untuk menuju pintu darurat . Pintu darurat ( emergency exit ) pesawat terbang memiliki berat sekitar 18kg. Cara terbaik untuk membuka pintu darurat ( emergency exit ) tersebut yaitu dengan menyandarkan badan Anda ke pintu darurat ( emergency exit ) tersebut agar pintu dapat lebih mudah terbuka dengan dorongan tangan dan tubuh Anda.

Demikian informasi seputar Demo Praktek Menggunakan Perlengkapan Keselamatan Di Dalam Pesawat Terbang ( Safety Demonstration ) oleh Awak Kabin ( Pramugari ) semoga dapat bermanfaat dan dapat memperkaya wawasan Anda mengenai dunia penerbangan.
Jika Anda berminat untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan pramugari silakan langsung  menghubungi panitia pendaftaran 0822 -2500- 7272 atau invite pin 26D5777F. Terimakasih ..

Tidak ada komentar