Breaking News

Tata Cara Melamar Kerja Menjadi Pramugari Indonesia

Hingga saat ini kesalahpahaman yang umum terjadi di kalangan masyarakat adalah bahwa semua pramugari yang baru direkrut berasal dari kalangan tertentu. Tetapi ternyata anggapan tersebut tidak benar. Sekarang coba lihatlah pendaftaran & penerimaan pramugari atau Flight Attendant baru di maskapai penerbangan apapun dan kalian akan menemukan orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat serta berbagai latar belakang kehidupan yang bervariasi.

Profesi pramugari adalah salah satu profesi yang paling beragam di dunia. Untuk menjadi seorang pramugari kalian tidak harus bergelar S1 dari perguruan tinggi negeri maupun swasta. Saat ini cukup dengan minimal ijazah SMA, SLTA atau tingkat pendidikan setara sudah dapat memenuhi persyaratan menjadi pramugari.

Dalam sebuah perekrutan, tentunya akan ada sebuah tes wawancara. Dalam tahapan wawancara ini biasanya masing- masing maskapai memiliki cara sendiri-sendiri. Ada maskapai penerbangan yang mengiginkan Anda untuk mengirim daftar riwayat hidup/ curiculum vitae langsung kepada mereka, tetapi tak jarang juga  yang mengijinkan Anda mendaftar secara online, dan lain-lain. Bagaimanapun juga, akhirnya Anda akan bertemu dan bertatap muka langsung dengan perekrut dari suatu maskapai. Bahkan terkadang perekrut ini adalah seorang pramugari yang sebenarnya memiliki  “tugas khusus” untuk melakukan perekrutan, namun bisa juga  mereka adalah staff HRD (Human Resources Development) suatu airlines.


Tahapan wawancara setiap maskapai akan sedikit berbeda, tetapi admin akan memberikan beberapa petunjuk umum mengenai bagaimana wawancara Anda bisa sukses.
  • Persiapkan diri Anda agar terlihat lebih baik. Hal ini bisa dilakukan dengan memakai baju yang sesuai dan penggunaan aksesoris yang tepat. 
  • Tidak pernah berhenti menunjukkan suatu ekspresi yang dapat membuat pe wawancara sebuah maskapai lebih yakin terhadap Anda
  •  Perlihatkan kalau Anda  memiliki PD Percaya Diri yang tinggi. Karena kemampuan seperti ini yang paling diutamakan terutama untuk menjadi Pramugari sebab bidangnya akan bersinggungan dengan banyak orang. Jika satu modal ini tidak dimiliki maka besar kemungkinan bahwa Anda akan sulit lolos tahapan tes interview. Percaya diri dalam hal ini sebenarnya bukan hanya untuk tujuan agar komunikasi dengan orang lain lebih baik dan berjalan lancar tapi juga mengenai kemampuan menyelesaikan setiap tugas kerja yang dibebankan pada si karyawan, semakan kita percaya diri maka akan semakin merasa bisa menuntaskan semua tugas yang diberikan oleh atasan dan bahkan seseorang dengan karakter demikian jauh lebih cepat mempelajari hal-hal baru dan tentunya dibutuhkan oleh perusahaan penerbangan dalam melayani para penumpang. Sebaliknya, jika seseorang kurang percaya diri maka ia akan sulit melakukan komunikasi dengan orang lain dan tentunya akan banyak pekerjaan yang terbengkalai karenanya. 
  • Usahakan untuk jangan memberi jawaban ‘Tidak!’ Tak jarang pada saat kita mengikuti tes interview maka si penguji akan selalu bertanya soal kemampuan apa yang kita miliki, misalnya saja ditanya, “Bisa berbahasa Inggris?” atau "Bisa berenang ?" dan sebagainya?”. Nah jika Anda mendapat pertanyaan interview seperti ini maka pastikan untuk tidak menjawab ‘tidak’, karena sekali Anda menjawab demikian maka si penguji sudah dapat memberi penilaian terhadap kemampuan Anda dan bahkan bisa jadi ia sudah bisa memutuskan dalam hati bahwa Anda tidak layak diterima, dan juga sudah pasti selanjutnya tidak akan adalagi panggilan untuk proses berikutnya karena Anda sudah dianggap gugur.
  • Jawablah sesuai pertanyaan yang diberikan Dalam hal ini banyak sekali pelamar kerja yang tidak tahu bahwa sebenarnya orang yang menjawab bertele-tele malah akan mendapat penilaian buruk dari penguji, atau Kabag. HRD yang biasanya melakukan tugas perekrutan karyawan baru. Efeknya adalah Anda akan dianggap tidak tegas dan ‘jago ‘ngeles’. Untuk itu, sebaiknya jawab saja seadanya kalau memang mau lolos interview dengan mudah. Jika seandainya hanya jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’ yang diminta maka jawab saja seperti itu, keculi jika memang diminta langsung dari penguji, maka barulah Anda jawab dengan lengkap dan detail. Misalnya, apakah Anda pernah bekerja di tempat lain? Maka jawab saja ‘Iya’ jika memang benar demikian, dan baru ditambah penjelasan jika ada pertanyaan selanjutnya.

    Semua cara menjadi pramugari tersebut secara detil akan Anda pelajari ketika menempuh pendidikan di PSPP Penerbangan.

Yuk segera daftarkan dirimu di PSPP Penerbangan . Info lengkap mengenai pendaftaran bisa menghubungi Panitia Penerimaan Siswa Baru Kak Diyan 0822-2500-7272 atau BBM 26D5777F

Tidak ada komentar